Tugas Meramal anime rilis pada tahun 2017


Deret Berkala Persentase Anime Rilis th. 2000 s/d 2004
dan Peramalan Persentase Anime Rilis pada tahun 2017

Ghilman Hasbi Basith
1306052

Sekolah Tinggi Teknologi Garut
Jl. Mayor Syamsu No. 1 Jayaraga Garut 44151 Indonesia


Abstrak Banyak analisis statistika bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara dua atau lebih peubahan. Bila hubungan demikian ini dapat dinyatakan dalam bentuk rumus matematik, maka kita akan dapat menggunakannya untuk keperluan peramalan.  Dengan adanya data-data jumlah anime yang dirilis baik dalam bentuk serial TV, OVA, ONA, ataupun film, setiap tahunnya. Perlu diingat bahwa angka yang ada bukan merupakan jumlah nyata anime yang dirilis pada tahun tersebut, melainkan hanya anime yang terdaftar pada Anime News Network (ANN) (disini saya mengambil dari tahun 2000 – 2004). Apabila data tersebut sudah di kumpulkan, langkah selanjutnya yaitu mengolah data tersebut supaya kita bisa lihat angka/data berapa jumlah anime yang dirilis pada tahun yang akan mendatang.


Kata Kunci Peramalan, Anime, Statistika dan Probabilitas.


I.              PENDAHULUAN

Pengertian peramalan (forecasting) : adalah seni dan ilmu memprediksi peristiwa-peristiwa yang akan terjadi dengan menggunakan data historis dan memproyeksikannya ke masa depan dengan beberapa bentuk model matematis.
Peramalan merupakan aktivitas fungsi bisnis yang memperkirakan penjualan dan penggunaan produk sehingga produk-produk itu dapat dibuat dalam kuantitas yang tepat. Peramalan merupakan dugaan terhadap permintaan yang akan datang berdasarkan pada beberapa variabel peramal, sering berdasarkan data deret waktu historis. Peramalan menggunakan teknik-teknik peramalan yang bersifat formal maupun informal (Gaspersz, 1998).
Dua hal pokok yang harus diperhatikan dalam proses peramalan yang akurat dan bermanfaat (Makridakis, 1999):
-            Pengumpulan data yang relevan berupa informasi yang dapat menghasilkan peramalan yang akurat.
-            Pemilihan teknik peramalan yang tepat yang akan memanfaatkan informasi data yang diperoleh semaksimal mungkin.
Untuk melakukan peramalan diperlukan metode tertentu dan metode mana yang digunakan tergantung dari data dan informasi yang akan diramal serta tujuan yang hendak dicapai.
Dalam menghitung sebuah peramalan banyak menggunakan metode-metode, metode tersebut antara lain :
1.      Metode Semi Rata-rata
2.      Metode Kuadrat Terkecil
3.      Metode Kuadratis
4.      Trend Eksponensial

II.           URAIAN PENELITIAN

A. Tahap Telaah
Dari data-data jumlah anime yang dirilis dari tahun terakhir, dapat di lihat dalam tabel di bawah ini :
Tahun
Anime Rilis (Y)
X
X.Y
X2
X4
X2Y
logY
X.LogY
2000
49
-2
-98
4
16
196
1.690
-3.380
2001
85
-1
-85
1
1
85
1.929
-1.929
2002
86
0
0
0
0
0
1.934
0
2003
108
1
108
1
1
108
2.033
2.033
2004
128
2
256
4
16
512
2.107
4.214
Jumlah:
456

181
10
34
901
9.695
0.938

a = ∑Y  =  456  =  91.2
        n          5
b = ∑XY  =  181  =  18.1
         X2         10

y Linier = 91.2 + 18.1 X

a = ∑Y.∑X4 - ∑X2Y. ∑X2
          n.(∑X4) – (∑X2)2
   = 456(34) – 901(10)
            5(34) - 102
   = 15504 – 9010
         170 – 100
   = 6494
        70
   = 92.771
b = ∑XY
         X2
   = 181
       10
   = 18.1
c = n.∑X2Y - ∑X2. ∑Y
        n.(∑X4) – (∑X2)2
   = 5(901) – 10(456)
            5(34) - 102
   = 4505 – 4560
         170 – 100
   = -55
       70
   = -0.786

y Kuadratis = 92.771 + 18.1 X + (-0.786 X2)

a = Invers [ ∑logY ] atau a = 10 ^ [ ∑logY ]
                 [      n     ]                      [      n     ]
   = 10 ^ [ 9.695 ]
              [     5    ]
   = 10 ^ [1.939 ]
   = 86.896
b = Invers [ ∑XlogY ] atau a = 10 ^ [ ∑XlogY ]
                 [    X2     ]                      [    X2     ]
   = 10 ^ [ 0.938 ]
              [   10   ]
   = 10 ^ [0.0938 ]
   = 1.241

y Eksponensial = 86.896 (1.241 X)





y Linier
(y-y linier)2
y Kuadratis
(y-y Kuadratis)2
y Eksponensial
(y- y Eksponensial)2
55
36
53.427
19.598
56.423
55.101
73.1
141.61
73.885
123.543
70.021
224.372
91.2
27.04
92.771
45.037
86.896
0.803
109.3
1.69
110.085
4.347
107.838
0.026
127.4
0.36
125.827
4.721
133.827
33.953
456
206.7
455.995
197.246
455.005
314.255




Data Terkecil  =  (y-y linier)2  =  206.7

          Jadi, dapat di putuskan untuk tahun 2017 akan mengambil rumus dari (y – y linier)2 karena data terkecil nya yaitu : 206.7 , Dengan demikian dapat diketahui peramalan persentase anime rilis pada tahun 2017 adalah sebagai berikut :
Tahun
Anime Rilis (Y)
X
2000
49
-2
2001
85
-1
2002
86
0
2003
108
1
2004
128
2
...
...
...
2017
362.7
15
Jadi, persentase anime rilis pada tahun 2017 diperkirakan ada 362.7, yang merupakan hasil dari rumus y Linier Y2017 =
y Linier = 91.2 + 18.1 X
              = 91.2 + 18.1 (15)
              = 362.7


III.           KESIMPULAN/RINGKASAN

Peramalan yang diberikan oleh metode-metode yang telah disediakan dari Materi Kuliah cukup baik, itu menunjukkan bahwa metode metode ini merupakan metode yang lebih teliti sehingga sering digunakan untuk menghitung data berkala. Dan untuk tahun 2017 , anime yang akan di rilis sekitar 362.7

DAFTAR PUSTAKA

[1]     Ansori, muchamad.  2014. Analisis data berkala. http://muchamadansori.blogspot.com/2014/01/analisis-data-berkala.html (di akses 21 Mei 2015)
[2]     Anonymous. 2015. Melawan Tua Anime Lama Vs Anime Baru. https://tkesgar.wordpress.com/2015/01/16/melawan-tua-anime-lama-vs-anime-baru/ (di akses 21 Mei 2015)

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Tugas Meramal anime rilis pada tahun 2017"

 
Copyright © 2015 CMIIW :) - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top