Analisis Sistem Penjualan pada Azmi Optikal
(Studi pada toko optik di daerah bandrek)
Ghilman Hasbi Basith
1306052
1 Jurusan Teknik Informatika
Sekolah Tinggi Teknologi
Garut
1306052@sttgarut.ac.id
Abstrak
Tujuan penulisan atrikel ini
adalah untuk menganalisis sistem penjualan yang terdapat di azmi
optikal. Metoda analisis yang digunakan dalam
pembahasan topik utama menggunakan pendekatan kualitatif, yang bertujuan
untuk mendeskripsikan proses penjualan di azmi optikal. Hasil pembahasan menunjukkan
bahwa sistem penjualan azmi optikal memiliki kelayakan dalam
proses berbisnis. Artikel ini berkesimpulan bahwa dalam
sistem penjualan azmi optikal
masih perlu dikembangkan untuk membuat sistem yang lebih kompleks.
Kata kunci: optik, penjualan,
flowmap, diagram kontek, data flow diagram
1 Pendahuluan
Instansi toko optik
adalah sebuah toko yang menyediakan kacamata, frame, lensa dan softlens. Namun,
banyak orang tidak mengerti bagaimana sistem penjualan dari sebuah optik. Maka
dari itu kita perlu sebuah data untuk mengolah data tersebut menjadi sebuah
informasi yang layak bagi diperlihatkan untuk khalayak tertentu.
Data tersebut disajikan
dalam sebuah proses seperti flowmap, yang menunjukan rincian dari prosedur yang
telah penulis dapat dari hasil wawancara pada pemilik optik. Lalu disajikan
pula dalam diagram kontek yang dimana dalam Diagram Kontek hanya membuat suatu
proses yang mewakili keseluruhan proses yang ada di dalam sistem. Lalu
disajikan dalam data flow diagram yang merupakan salah satu komponen dalam
serangkaian pembuatan perancangan sebuah sistem komputerisasi.
Data yang mentah
tersebut diolah menjadi sebuah informasi yang berguna untuk khalayak tertentu
dan data tersebut bisa kita buat perancangan nya untuk membuat sebuah aplikasi
yang dimana aplikasi tersebut akan sangat berguna untuk membantu kompleksitas
dari cara kerja penjualan optik ini, akan tetapi untuk saat ini hanya di
analisis saja karena tanpa analisis, perancangan pun tidak bisa dikerjakan.
2 Metodologi
Metoda analisis yang digunakan
dalam pembahasan topik utama menggunakan pendekatan kualitatif, yang bertujuan
untuk mendeskripsikan proses penjualan di azmi optikal, dimana dalam peyajian
data akan disajikan dalam sebuah prosedur, flowmap,
diagram kontek dan data flow diagram.
Satuan analisis yang digunakan
untuk mengkaji setiap pokok bahasan dilakukan dengan meninjau topik bahasan
berdasarkan batasan-batasan definisi yang ditetapkan untuk dibahas berdasarkan
pendekatan kualitatif. Dalam kontek ini, penulis me-wawancarai
pemilik optik untuk mengolah data yang akan disajikan dalam proses analisis.
3 Hasil dan Pembahasan
3.1 Analisis Prosedur Yang
Sedang Berjalan
Prosedur Pengolahan Data pada sistem Penjualan yang
sedang berjalan di Azmi Optikal saat ini adalah sebagai berikut :
1. Anamnesa, Wawancara permasalahan mata atau kacamata lama.
2. Pemeriksaan mata. a) Pemeriksaan monokuler, pemeriksaan satu mata (mata
kanan dan kiri) b) Pemeriksaan binokuler (dua mata).
3.
Tahap penyesuian,
Meminimalisir kesalahan pemeriksaan, apakah pasien dapat menerima ukuran
kacamata hasil pemeriksaan. Apabila ukuran terlalu tinggi hasil pemeriksaan di
kurangi, hasilnya lebih rendah dari hasil pemeriksaan awal.
4.
Pemilihan kacamata, Bentuk
kacamata di sesuaikan dengan bentuk wajah pasien/ customer atau keinginan
pasien.
5.
Membuat status konsumen,
hasil dari pemeriksaan mata, penyeuaian mata dan pemilihan frame kacamata dan
diserahkan kepada konsumen supaya konsumen menyetujui pesanan tersebut benar
atau tidak.
6.
Apabila hasil pemeriksaan
telah disetujui oleh konsumen, maka selanjutnya langkah pembuatan kacamata.
7.
Surfecing, Pemasangan lensa
kacamata ke bingkai kacamata.
8.
Dispensing, Pengepasan
kacamata ke pemakai, awalnya kacamata yang standar di sesuaikan dengan pemakai,
apakah kacamata longgar atau sempit waktu di pakai
9.
Setelah pembuatan kacamata,
maka membuat kwitansi pembelian jika konsumen telah melunasi pembayaran.
10. Lalu pemilik membuat laporan penjualan bulanan.
3.2 Flowmap
Konsumen
|
Pemilik
Optik
|
|
|
|
|
Gambar
3.1 Flowmap Sistem penjualan yang terdapat pada Azmi Optikal
3.3 Diagram Kontek
Diagram Kontek adalah suatu diagram yang menggambarkan
keseluruhan sistem. Diagram ini menggambarkan masukan dan keluaran dari sebuah
sistem yang berasal dari dan untuk entitas yang terlibat dalam sebuah sistem.
Dalam Diagram Kontek hanya membuat suatu proses yang mewakili keseluruhan
proses yang ada di dalam sistem.
|
Gambar
3.2 Diagram Kontek Sistem penjualan yang terdapat pada Azmi Optikal
3.4 Data Flow Diagram
DFD merupakan salah satu
komponen dalam serangkaian pembuatan perancangan sebuah sistem komputerisasi.
DFD menggambarkan aliran data dari sumber pemberi data (input) ke penerima data
(output). Aliran data itu perlu diketahui agar si pembuat sistem tahu persis
kapan sebuah data harus disimpan, kapan harus ditanggapi (proses), dan kapan
harus didistribusikan ke bagian lain.
Dibawah ini adalah gambar data flow diagram level 1
dari sistem penjualan yang berjalan pada Azmi Optikal.
|
|
Gambar 3.3
Data Flow Diagram Sistem penjualan yang terdapat pada Azmi Optikal
4 Kesimpulan
Sistem penjualan di azmi optikal sangat
membantu dalam menunjang proses pembukuan pada usaha toko optik ini. Akan
tetapi sistem yang digunakan masih belum dikatakan sempurna, harus dikembangkan
menjadi sebuah sistem yang lebih kompleks lagi karena sistem yang masih belum
dikatakan sempurna akan banyak menimbulkan masalah bagi pemilik/pengguna nya
itu sendiri.
Masalah itu
sendiri akan menyulitkan pada pemilik/pengguna dari toko itu sendiri, maka dari
itu perlu dikembangkan lagi menjadi ststem yang lebih rinci dan kompleks dalam
pembuatan sistem penjualan toko optik ini. Supaya dikemudian hari sistem yang
digunakan oleh pemilik/penggunanya dapat mempermudah dalam proses penjualan,
tidak ada masalah saat melakukan transaksi dalam penjualan kacamata ini.
0 Komentar untuk "Analisis Sistem Penjualan pada Azmi Optikal (Studi pada toko optik di daerah bandrek)"