Analisis Sistem Penjualan pada Azmi Optikal (Studi pada toko optik di daerah bandrek)



Analisis Sistem Penjualan pada Azmi Optikal
(Studi pada toko optik di daerah bandrek)

Ghilman Hasbi Basith
1306052

1 Jurusan Teknik Informatika
Sekolah Tinggi Teknologi Garut
1306052@sttgarut.ac.id


Abstrak

Tujuan penulisan atrikel ini adalah untuk menganalisis sistem penjualan yang terdapat di azmi optikal.  Metoda analisis yang digunakan dalam pembahasan topik utama menggunakan pendekatan kualitatif, yang bertujuan untuk mendeskripsikan proses penjualan di azmi optikal. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa sistem penjualan azmi optikal memiliki kelayakan dalam proses berbisnis.  Artikel ini berkesimpulan bahwa dalam sistem penjualan azmi optikal masih perlu dikembangkan untuk membuat sistem yang lebih kompleks.

Kata kunci: optik, penjualan, flowmap, diagram kontek, data flow diagram


1        Pendahuluan


Instansi toko optik adalah sebuah toko yang menyediakan kacamata, frame, lensa dan softlens. Namun, banyak orang tidak mengerti bagaimana sistem penjualan dari sebuah optik. Maka dari itu kita perlu sebuah data untuk mengolah data tersebut menjadi sebuah informasi yang layak bagi diperlihatkan untuk khalayak tertentu.

Data tersebut disajikan dalam sebuah proses seperti flowmap, yang menunjukan rincian dari prosedur yang telah penulis dapat dari hasil wawancara pada pemilik optik. Lalu disajikan pula dalam diagram kontek yang dimana dalam Diagram Kontek hanya membuat suatu proses yang mewakili keseluruhan proses yang ada di dalam sistem. Lalu disajikan dalam data flow diagram yang merupakan salah satu komponen dalam serangkaian pembuatan perancangan sebuah sistem komputerisasi.

Data yang mentah tersebut diolah menjadi sebuah informasi yang berguna untuk khalayak tertentu dan data tersebut bisa kita buat perancangan nya untuk membuat sebuah aplikasi yang dimana aplikasi tersebut akan sangat berguna untuk membantu kompleksitas dari cara kerja penjualan optik ini, akan tetapi untuk saat ini hanya di analisis saja karena tanpa analisis, perancangan pun tidak bisa dikerjakan.

 



2        Metodologi


Metoda analisis yang digunakan dalam pembahasan topik utama menggunakan pendekatan kualitatif, yang bertujuan untuk mendeskripsikan proses penjualan di azmi optikal, dimana dalam peyajian data akan disajikan dalam sebuah prosedur, flowmap, diagram kontek dan data flow diagram.

Satuan analisis yang digunakan untuk mengkaji setiap pokok bahasan dilakukan dengan meninjau topik bahasan berdasarkan batasan-batasan definisi yang ditetapkan untuk dibahas berdasarkan pendekatan kualitatif.  Dalam kontek ini, penulis me-wawancarai pemilik optik untuk mengolah data yang akan disajikan dalam proses analisis.


3        Hasil dan Pembahasan


3.1     Analisis Prosedur Yang Sedang Berjalan

Prosedur Pengolahan Data pada sistem Penjualan yang sedang berjalan di Azmi Optikal saat ini adalah sebagai berikut :
1.      Anamnesa, Wawancara permasalahan mata atau kacamata lama.
2.      Pemeriksaan mata. a) Pemeriksaan monokuler, pemeriksaan satu mata (mata kanan dan kiri) b) Pemeriksaan binokuler (dua mata).
3.      Tahap penyesuian, Meminimalisir kesalahan pemeriksaan, apakah pasien dapat menerima ukuran kacamata hasil pemeriksaan. Apabila ukuran terlalu tinggi hasil pemeriksaan di kurangi, hasilnya lebih rendah dari hasil pemeriksaan awal.
4.      Pemilihan kacamata, Bentuk kacamata di sesuaikan dengan bentuk wajah pasien/ customer atau keinginan pasien.
5.      Membuat status konsumen, hasil dari pemeriksaan mata, penyeuaian mata dan pemilihan frame kacamata dan diserahkan kepada konsumen supaya konsumen menyetujui pesanan tersebut benar atau tidak.
6.      Apabila hasil pemeriksaan telah disetujui oleh konsumen, maka selanjutnya langkah pembuatan kacamata.
7.      Surfecing, Pemasangan lensa kacamata ke bingkai kacamata.
8.      Dispensing, Pengepasan kacamata ke pemakai, awalnya kacamata yang standar di sesuaikan dengan pemakai, apakah kacamata longgar atau sempit waktu di pakai
9.      Setelah pembuatan kacamata, maka membuat kwitansi pembelian jika konsumen telah melunasi pembayaran.
10.  Lalu pemilik membuat laporan penjualan bulanan.



3.2     Flowmap

Konsumen
Pemilik Optik
Flowchart: Document: Status (Hasil Data Konsumen)Flowchart: Document: Anamnesa/Wawancara permasalahan Mata)
Flowchart: Manual Operation: Surfecing, pemasangan lensa ke frameFlowchart: Document: Konfirmasi PesananFlowchart: Document: Status (Hasil Data Konsumen)Flowchart: Manual Operation: Melakukan Pemilihan Frame KacamataFlowchart: Manual Operation: Melakukan PenyesuianFlowchart: Manual Operation: Melakukan
Pemeriksaan mata
Flowchart: Document: Data Konsumen (Data Anamnesa/Data Setelah di wawancara)
















Flowchart: Document: Kwitansi Pembelian
Flowchart: Multidocument: Laporan BulananFlowchart: Manual Operation: Membuat Laporan BulananFlowchart: Document: Kwitansi PembelianFlowchart: Manual Operation: Pembuatan KwitansiFlowchart: Manual Operation: Dispensing, pengepasan kacamata
Gambar 3.1 Flowmap Sistem penjualan yang terdapat pada Azmi Optikal


3.3       Diagram Kontek

Diagram Kontek adalah suatu diagram yang menggambarkan keseluruhan sistem. Diagram ini menggambarkan masukan dan keluaran dari sebuah sistem yang berasal dari dan untuk entitas yang terlibat dalam sebuah sistem. Dalam Diagram Kontek hanya membuat suatu proses yang mewakili keseluruhan proses yang ada di dalam sistem.






Text Box: Laporan BulananText Box: PEMILIK
OPTIK
Text Box: Data Konsumen, StatusOval: SISTEM PENJUALAN PADA AZMI OPTIKALText Box: Status, kwitansi pembelianText Box: KONSUMEN
Gambar 3.2 Diagram Kontek Sistem penjualan yang terdapat pada Azmi Optikal

 

3.4     Data Flow Diagram


DFD merupakan salah satu komponen dalam serangkaian pembuatan perancangan sebuah sistem komputerisasi. DFD menggambarkan aliran data dari sumber pemberi data (input) ke penerima data (output). Aliran data itu perlu diketahui agar si pembuat sistem tahu persis kapan sebuah data harus disimpan, kapan harus ditanggapi (proses), dan kapan harus didistribusikan ke bagian lain.
Dibawah ini adalah gambar data flow diagram level 1 dari sistem penjualan yang berjalan pada Azmi Optikal.

Text Box: Data Ukuran KacamataText Box: Data Ukuran KacamataText Box: Status KonsumenText Box: Data KonsumenOval: 2. MELAKUKAN PENYESUAIANOval: 1. MELAKUKAN PEMERIKSAAN MATAText Box: KONSUMEN
Text Box: Laporan BulananText Box: PEMILIK OPTIKOval: 6. MEMBUAT LAPORANText Box: Data Transaksi PenjualanText Box: KwitansiText Box: Kwi
t
ans
i
Text Box: Status PesananText Box: Status KonsumenOval: 5. MEMBUAT KWITANSIOval: 3. MELAKUKAN PEMILIHAN FRAME KACAMATAOval: 4. MEMBUAT PESANAN
Gambar 3.3 Data Flow Diagram Sistem penjualan yang terdapat pada Azmi Optikal



4        Kesimpulan


Sistem penjualan di azmi optikal sangat membantu dalam menunjang proses pembukuan pada usaha toko optik ini. Akan tetapi sistem yang digunakan masih belum dikatakan sempurna, harus dikembangkan menjadi sebuah sistem yang lebih kompleks lagi karena sistem yang masih belum dikatakan sempurna akan banyak menimbulkan masalah bagi pemilik/pengguna nya itu sendiri.

Masalah itu sendiri akan menyulitkan pada pemilik/pengguna dari toko itu sendiri, maka dari itu perlu dikembangkan lagi menjadi ststem yang lebih rinci dan kompleks dalam pembuatan sistem penjualan toko optik ini. Supaya dikemudian hari sistem yang digunakan oleh pemilik/penggunanya dapat mempermudah dalam proses penjualan, tidak ada masalah saat melakukan transaksi dalam penjualan kacamata ini.

Daftar Pustaka


Ikhrom, Muhamad (2011). “Analisis Dan Pembangunan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Pada Optik Krida Bandung”. http://dir.unikom.ac.id/s1-final-project/fakultas-teknik-dan-ilmu-komputer/manajemen-informatika/2011/jbptunikompp-gdl-muhamadikh-25913/6-babiv.pdf/pdf/6-babiv.pdf (diakses tanggal 05 November 2015).
Bagikan :
+
Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Analisis Sistem Penjualan pada Azmi Optikal (Studi pada toko optik di daerah bandrek)"

 
Copyright © 2015 CMIIW :) - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top